10 Fakta Timnas Indonesia Edisi Lawas: Pernah Dihuni Tukang Becak dan Dokter | OneFootball

10 Fakta Timnas Indonesia Edisi Lawas: Pernah Dihuni Tukang Becak dan Dokter | OneFootball

In partnership with

Yahoo sports
Icon: Bola.com

Bola.com

·17. September 2024

10 Fakta Timnas Indonesia Edisi Lawas: Pernah Dihuni Tukang Becak dan Dokter

Artikelbild:10 Fakta Timnas Indonesia Edisi Lawas: Pernah Dihuni Tukang Becak dan Dokter

Bola.com, Jakarta - Indonesia memiliki keunikan dari banyak aspek, tak terkecuali sepak bola dan timnasnya. Sebenarnya banyak yang bisa dibanggakan dari Tim Merah Putih, namun tak sedikit pula yang bikin geleng-geleng kepala.

Sejak PSSI didirikan pada 1930, relatif tak ada prestasi yang benar-benar bisa dibanggakan. Menjadi yang terbaik di Asia Tenggara saja belum pernah dilakukan Timnas Indonesia.


OneFootball Videos


Kendati demikian, sepak bola merupakan olahraga paling digemari di Indonesia. Tengok saja antusiasme suporter ketika Timnas Indonesia bertanding di luar negeri, pasti ada saja segelintir suporter yang rela menyisihkan waktu, uang, dan tenaga demi menyaksikan perjuangan kebanggaannya berlaga.

Sebelum era kemerdekaan, sepak bola Indonesia diorganisasi oleh Hindia Belanda melalui Nederlandsch Indische Voetbal Bond (NIVB), atau suksesornya, Nederlandsch Indische Voetbal Unie (NIVU). Baru setelah merdeka tahun 1945, PSSI mengambil alih organisasi sepak bola di Indonesia secara menyeluruh.

Tidak dapat dipungkiri, prestasi sepak bola Indonesia pasca kemerdekaan, di bawah payung PSSI, mengalami kemajuan pesat, setidaknya di Asia. Pada 1956 misalnya, Timnas Indonesia berhasil lolos ke Olimpiade Melbourne, Australia, dan sukses melaju hingga perempat final.

Semenjak itu pula, banyak kejadian tak terlupakan yang menghiasi perjalanan Timnas Indonesia. Berikut ini Bola.com merangkumnya dalam 10 fakta menarik Timnas Indonesia.

Impressum des Publishers ansehen