Portugal vs Rep Ceko di Euro 2024: Menanti 'The Last Dance' Cristiano Ronaldo | OneFootball

Portugal vs Rep Ceko di Euro 2024: Menanti 'The Last Dance' Cristiano Ronaldo | OneFootball

In partnership with

Yahoo sports
Icon: Bola.net

Bola.net

·18 juin 2024

Portugal vs Rep Ceko di Euro 2024: Menanti 'The Last Dance' Cristiano Ronaldo

Image de l'article :Portugal vs Rep Ceko di Euro 2024: Menanti 'The Last Dance' Cristiano Ronaldo

Bola.net - Cristiano Ronaldo bakal menjadi sorotan utama pada laga Euro 2024 antara Portugal vs Republik Ceko, Rabu (19/6/2024) dini hari WIB nanti. Pemain Al Nassr itu berpotensi memecahkan sederet rekor di pertandingan ini.

Portugal akan meladeni tantangan Rep. Ceko dalam laga matchday 1 Grup F Piala Eropa 2024. Rencananya, duel ini akan dihelat di markas RB Leipzig, Red Bull Arena mulai jam 02.00 dini hari.


Vidéos OneFootball


Portugal menjadi favorit untuk memenangi pertandingan ini, bahkan lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup F. Materi pemain yang dipenuhi bintang menjadi alasan utamanya.

Meski demikian, Portugal tetap wajib mewaspadai potensi kejutan yang bisa dihadirkan Rep. Ceko. Apalagi Ceko memiliki reputasi menjadi tim kuda hitam menakutkan di setiap edisi Euro.

1 dari 6 halaman

Euro 2024 jadi The Last Dance Cristiano Ronaldo?

Image de l'article :Portugal vs Rep Ceko di Euro 2024: Menanti 'The Last Dance' Cristiano Ronaldo

Aksi kapten Portugal Cristiano Ronaldo dalam laga uji coba melawan Republik Irlandia, 12 Juni 2024. (c) AP Photo/Luis Vieira

Ronaldo kini sudah berusia 39 tahun. Besar kemungkinan, Euro 2024 kali ini menjadi panggung Euro terakhir bagi Ronaldo mengingat di edisi 2028 mendatang ia sudah berusia 43 tahun.

Pada sebuah kesempatan, Ronaldo pernah memberi isyarat dirinya akan gantung sepatu alias pensiun dari sepak bola profesional usai gelaran Piala Dunia 2026 mendatang.

Karena itulah, Ronaldo bakal tampil mati-matian di Jerman kali ini untuk membawa negaranya menjadi juara kali kedua. Performa Ronaldo nanti pun sangat menarik untuk dinantikan.

2 dari 6 halaman

Usia 39 Tahun Bukan Masalah Bagi Cristiano Ronaldo

Image de l'article :Portugal vs Rep Ceko di Euro 2024: Menanti 'The Last Dance' Cristiano Ronaldo

Selebrasi gol kapten Portugal, Cristiano Ronaldo, dalam uji coba vs Republik Irlandia, 12 Juni 2024 (c) AP Photo/Luis Vieira

Bagi Ronaldo, usia bukanlah sebuah masalah. Di umurnya yang sudah 39 tahun, CR7 membuktikan bahwa dirinya masih bisa mendulang banyak prestasi gemilang.

Ronaldo merupakan pemain sangat menjaga kebugarannya. Eks bintang Manchester United dan Real Madrid itu diketahui menerapkan disiplin sangat ketat dalam hal berlatih hingga ke kehidupan sehari-harinya.

Karena itu, wajar jika Ronaldo masih mampu menunjukkan level permainan luar biasa di usianya yang kini sudah 39 tahun. Catatan golnya yang fantastis adalah bukti nyata kerja keras CR7.

Salah satu kunci sukses Ronaldo hingga saat ini adalah jam tidur teratur. Menariknya, tak seperti kebanyakan, CR7 memilih tidur lima kali dalam sehari, tetapi dengan durasi masing-masing 90 menit.

Selain itu, Ronaldo juga gemar tidur dalam posisi miring dan meringkuk, persis seperti bayi ketika berada dalam kandungan. Hal ini diungkap oleh sleep coach bernama Nick Littlehales.

3 dari 6 halaman

Torehan Gol dan Rekor Cristiano Ronaldo Musim 2023/2024

Image de l'article :Portugal vs Rep Ceko di Euro 2024: Menanti 'The Last Dance' Cristiano Ronaldo

Selebrasi Cristiano Ronaldo dalam laga Liga Arab Saudi antara Al Nassr vs Al Ittihad, Selasa (28/5/2024). (c) Al Nassr Official

Ronaldo datang ke Euro 2024 dengan membawa modal meyakinkan. Meski gagal membawa Al Nassr meraih trofi, tetapi ia mampu membukukan sederet rekor lewat gol-golnya.

Ronaldo meraih gelar top skorer Liga Arab Saudi musim 2023/2024 dengan koleksi 35 gol. Selain gol, CR7 juga tercatat mempersembahkan 11 assist.

Ronaldo pun mencatatkan rekor baru di Liga Arab Saudi. Sebelumnya, rekor koleksi gol terbanyak dalam semusim Liga Arab Saudi dipegang oleh Abderrazak Hamdallah yang mencetak 34 gol, juga bersama Al Nassr di musim 2018/2019 silam.

Satu lagi rekor yang ditorehkan Cristiano Ronaldo musim 2023/2024 kemarin adalah ia menjadi pemain pertama dalam sejarah yang meraih gelar top skor di empat liga berbeda.

Sebelumnya, Ronaldo pernah sekali menjadi top skor Premier League bersama Manchester United, tiga kali di La Liga bareng Real Madrid, dan sekali di Serie A kala memperkuat Juventus.

Total di sepanjang musim 2023/2024, Ronaldo tercatat menciptakan 50 gol dalam 51 pertandingan bersama Al Nassr di semua kompetisi.

Di Timnas Portugal sendiri, Ronaldo tercatat menciptakan 10 gol dari sembilan laga di sepanjang tahun 2023. Sementara pada tahun 2024, Ronaldo tercatat sejauh ini mencetak dua gol dalam dua laga.

5 dari 6 halaman

Menanti Rekor Baru Cristiano Ronaldo

Image de l'article :Portugal vs Rep Ceko di Euro 2024: Menanti 'The Last Dance' Cristiano Ronaldo

Selebrasi Cristiano Ronaldo usai cetak gol di laga Portugal vs Irlandia, uji coba internasional Juni 2024 (c) AP Photo/Luis Vieira

Ronaldo datang ke Euro 2024 dengan membuat baru, yakni menjadi pemain dengan keikusertaan terbanyak di Euro. Termasuk di edisi 2024 ini, CR7 tercatat sudah enam kali memeriahkan pentas Piala Eropa.

Laga melawan Ceko nanti bisa membuat Ronaldo memecahkan lebih banyak rekor bergengsi. Jika mencetak gol, Ronaldo bakal memecahkan rekor pencetak gol tertua di ajang Euro.

Rekor tersebut saat ini dipegang oleh pemain Austria, Ivica Vastic yang menceetak gol dalam usia 38 tahun 257 hari pada laga versus Polandia di Euro 2008 silam.

Ronaldo adalah top skor Euro 2020 dengan lima gol. Eks pemain Juventus itu juga tercatat sebagai top skor sepanjang masa Euro dengan torehan 14 gol.

Kini, Ronaldo juga punya kans menjadi top assist sepanjang masa Euro. Ronaldo kini sudah bikin tujuh assist di Euro. Dia hanya tertinggal satu assist dari Karel Poborsky yang jadi top assist sepanjang masa Euro.

À propos de Publisher