Dulu Menentang, Legenda Timnas Indonesia Kini Puji Habis Naturalisasi di Era Shin Tae-yong: Kelas Asia! | OneFootball

Dulu Menentang, Legenda Timnas Indonesia Kini Puji Habis Naturalisasi di Era Shin Tae-yong: Kelas Asia! | OneFootball

Icon: Bola.net

Bola.net

·25 avril 2024

Dulu Menentang, Legenda Timnas Indonesia Kini Puji Habis Naturalisasi di Era Shin Tae-yong: Kelas Asia!

Image de l'article :Dulu Menentang, Legenda Timnas Indonesia Kini Puji Habis Naturalisasi di Era Shin Tae-yong: Kelas Asia!

Bola.net - Program naturalisasi pemain keturunan yang gencar dilakukan Timnas Indonesia di era kepelatihan Shin Tae-yong mendapat pujian dari Rully Nere. Padahal, dulu ia sempat menentangnya.

Ia sempat menganggap langkah naturalisasi sebagai cara instan. Ibarat sebuah klub, menghadirkan pemain asing di timnya diharapkan mampu meningkatkan kaulitas skuad Timnas Indonesia level senior atau junior.


Vidéos OneFootball


Inilah yang terjadi di masa lalu saat kebijakan naturalisasi dilakukan. Memang betul, pemain naturalisasi itu mampu memberikan dampak kepada tim. Tetapi mereka melupakan bila sepak bola adalah permainan tim bukan individu.

Oleh karena itu, Rully Nere sempat trauma saat PSSI mulai gencar melakukan naturalisasi kembali. Menurutnya, itu langkah yang tak terlalu signifikan mengubah wajah Timnas Indonesia.

"Dulu saya kurang setuju dengan adanya naturalisasi. Karena dulu yang dinaturalisasi asal-asalan. Bahkan kualitasnya tidak lebih bagus dari pemain lokal yang ada. Jadi apa yang dipelajari?" ucapnya, Rabu (24/4/2024).

À propos de Publisher