Media Korea Selatan Usai Kalah dari Timnas Indonesia U-23: Bencana, Keajaiban Shin Tae-yong Berlanjut! | OneFootball

Media Korea Selatan Usai Kalah dari Timnas Indonesia U-23: Bencana, Keajaiban Shin Tae-yong Berlanjut! | OneFootball

Icon: Bola.net

Bola.net

·26 de abril de 2024

Media Korea Selatan Usai Kalah dari Timnas Indonesia U-23: Bencana, Keajaiban Shin Tae-yong Berlanjut!

Imagen del artículo:Media Korea Selatan Usai Kalah dari Timnas Indonesia U-23: Bencana, Keajaiban Shin Tae-yong Berlanjut!

Bola.net - Media Korea Selatan menilai kalah dari Timnas Indonesia U-23 pada 8 Besar Piala Asia U-23 2024 sebagai bencana. Di sisi lain, mereka juga memuji hasil kerja Shin Tae-yong sebagai pelatih Garuda Muda.

Timnas Korea Selatan U-23 berjumpa Indonesia pada duel di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat 26 April 2024. Dua kali tertinggal, dan harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-70, Korea Selatan bisa membuat skor menjadi 2-2 sebelum laga usai.


OneFootball Videos


Laga kemudian dilanjutkan ke extra time dan babak adu penalti karena tidak ada gol yang tercipta. Pada babak adu penalti, Korea Selatan menelan kekalahan dengan skor 11-10. Dua penendang penalti Korea Selatan gagal.

Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Bencana Bagi Korea Selatan

Duel antarpemain di laga Korea Selatan U-23 vs Timnas Indonesia U-23, Piala Asia U-23 2024 (c) PSSI

Media Korea Selatan, Naver, menyebut hasil minor yang didapat Byeon Jun-soo dan kolega sebagai sebuah bencana. Sebab, lebih dari sekadar kalah, Korea Selatan juga gagal ambil bagian di Olimpiade Paris 2024.

"Terjadi bencana yang membuat sepak bola Korea Selatan tidak bisa berlaga di Olimpiade untuk pertama kalinya dalam 40 tahun," tulis jurnalis Naver, Jang Han-seo.

"Korea, yang selalu mencapai final sejak Olimpiade Seoul 1988, tersingkir di 8 Besar dan gagal melaju ke Olimpiade untuk ke-10 kalinya berturut-turut. Ini adalah kali pertama dalam 40 tahun sejak Olimpiade Los Angeles 1984, sepak bola Korea gagal lolos ke Olimpiade," sambung Jang Han-seo.

2 dari 5 halaman

Keajaiban Shin Tae-yong Berlanjut

Shin Tae-yong merayakan kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam, Kamis (21/3/2024). (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Jang Han-seo juga memberi ulasan pada kisah sukses Timnas Indonesia U-23 bersama Shin Tae-yong. Menurutnya, apa yang sudah dilakukan pelatih 52 tahun itu bersama Indonesia adalah sebuah keajaiban.

"Memimpin Timnas Indonesia (senior) dan Timnas U-23 sejak 2020, Shin Tae-yong melanjutkan keajaibannya dengan menenggelamkan Korea Selatan," tulis Jang Han-seo.

"Jelang pertandingan, PSSI memberikan dorongan kepada pelatih Shin Tae-yong dengan memperbarui kontraknya hingga 2027. Indonesia berupaya melaju ke final untuk pertama kalinya (ambil bagian di Olimpiade) dalam 68 tahun sejak Melbourne 1956," ulas Jang Han-seo.

3 dari 5 halaman

Soroti Penalti Justin Hubner yang Diulang

Justin Hubner usai laga Timnas Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia (c) Bagaskara Lazuardi

Media Korea Selatan lain, Yonhab, memberi ulasan soal momen-momen penting pada babak adu penalti. Jurnalis Yoo Jee-ho membuat penialain tentang penalti Justin Hubner yang berdampak sangat penting bagi kubu Korea Selatan.

"Pada adu penalti, Korea Selatan mengira mereka bakal menang setelah Baek Jong-beom memblok penendang kelima Indonesia, Justin Hubner," tulis Yoo Jee-ho.

"Namun tinjauan VAR menetapkan bahwa Baek telah melangkahkan kedua kakinya dari garis gawang sebelum Hubner melakukan tembakan, dan pemain Indonesia itu mendapat hadiah ulangan. Hubner tidak membuat kesalahan kali ini dan menjaga Indonesia tetap hidup," sambungnya.

4 dari 5 halaman

Aksi Shin Tae-yong di laga Yordania vs Indonesia U-23 di matchday 3 Grup A Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Minggu (21/04/2024). (c) PSSI

Sementara itu, sedari awal Shin Tae-yong menyadari bahwa duel lawan Korea Selatan terasa sangat emosional baginya. Sebab, untuk pertama kalinya, Shin Tae-yong harus melawan negara asalnya pada ajang internasional.

"Jelas, saya merasa sangat senang. Namun, sebagian dari saya merasa sedikit sedih di dalam hati," ujar Shin Tae-yong.

"Namun, pemenang harus ditentukan. Dan saat ini saya pelatih Timnas Indonesia U-23. Jadi saya melakukan yang terbaik untuk Timnas Indonesia U-23," tutur Shin Tae-yong.

5 dari 5 halaman

Jadwal Lengkap Semifinal Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia akan berjumpa pemenang duel antara Uzbekistan dan Arab Saudi pada babak semifinal Piala Asia U-23 2024. Berikut adalah jadwal lengkap babak semifinal Piala Asia Uu-23 2024:

Senin, 29 April 2024

  1. 21.00 WIB: Timnas Indonesia vs Uzbekistan/Arab Saudi

Selasa, 30 April 2024

  1. 00.30 WIB: Jepang vs Irak/Vietnam

Sementara itu, jika mampu menang pada babak semifinal, Indonesia akan berlaga di final Piala Asia U-23 2024. Laga final akan dimainkan pada 3 Mei 2024 yang akan datang.

Ver detalles de la publicación