Arteta, Maresca, dan Eddie Howe Bareng-Bareng Puji Thomas Tuchel | OneFootball

Arteta, Maresca, dan Eddie Howe Bareng-Bareng Puji Thomas Tuchel | OneFootball

In partnership with

Yahoo sports
Icon: Bola.net

Bola.net

·18. Oktober 2024

Arteta, Maresca, dan Eddie Howe Bareng-Bareng Puji Thomas Tuchel

Artikelbild:Arteta, Maresca, dan Eddie Howe Bareng-Bareng Puji Thomas Tuchel

Bola.net - Thomas Tuchel dipuji sebagai sosok pelatih yang tepat untuk menangani Timnas Inggris. Kali ini pujian bahkan datang dari sesama pelatih, termasuk bos Arsenal, Mikel Arteta, dan bos Chelsea, Enzo Maresca.

Rabu 16 Oktober 2024 sore WIB, melalui akun media sosial mereka, FA mengumumkan penunjukan Tuchel. Pelatih Jerman itu akan menangani tim senior Inggris, didampingi asisten Anthony Barry.


OneFootball Videos


Keputusan untuk merekrut Tuchel dan Barry telah disetujui oleh Petinggi FA pada awal minggu lalu, dan Tuchel menandatangani kontraknya pada Selasa, 8 Oktober 2024. Meski begitu, FA memilih menunda pengumumannya sepekan kemudian.

Tuchel akan mulai bekerja pada 1 Januari 2025, dengan target Piala Dunia 2026. Artinya, di sisa tahun 2024 ini, Inggris masih akan dibimbing pelatih interim Lee Carsley.

Tuchel dan Timnas Inggris

Tuchel bisa disebut sebagai salah satu pelatih terbaik yang bisa didapatkan di kesempatan kemarin. Namun, tetap saja penunjukan ini berisiko. Bagaimanapun, Tuchel belum punya pengalaman menangani tim nasional.

Bekerja menangani tim nasional memang jauh berbeda dengan bekerja untuk klub. Bersama klub, Tuchel perlu membimbing tim setiap hari, dengan jadwal pertandingan padat. Di tim nasional, dia hanya berkumpul dengan pemain dalam beberapa bulan sekali.

"Kontraknya selama 18 bulan, kemudian kami sepakat untuk duduk bersama dan mengevaluasi. Saya punya pengalaman bagus dengan 18 bulan, meskipun kadang-kadang juga tidak berjalan mulus!" kata Tuchel.

Pertandingan Selanjutnya

2 dari 3 halaman

Isu Miring Terpa Tuchel

Artikelbild:Arteta, Maresca, dan Eddie Howe Bareng-Bareng Puji Thomas Tuchel

Pemain Inggris merayakan gol Harry Kane ke gawang Belanda di semifinal Euro 2024, Kamis (11/7/2024). (c) AP Photo/Hassan Ammar

Faktanya, Tuchel memang salah satu pelatih terbaik yang tersedia di luar sana. Persoalannya, muncul isu baru bahwa tim nasional Inggris ditangani oleh pelatih non-Inggris

Penunjukan pelatih asing mungkin kontroversial, tapi ini bukan pertama kalinya bagi FA. Pada periode 2001-2012 silam, Timnas Inggris ditangani oleh Sven-Goran Eriksson, pelatih asal Swedia.

Meski begitu, jika melihat negara-negara top Eropa sekarang, rata-rata tim nasional mereka ditangani oleh pelatih lokal. Sebut saja Spanyol bersama Luis de La Fuente, Italia dengan Luciano Spalletti, Prancis dengan Didier Deschamps, serta Jerman dengan Julian Nagelsmann.

Impressum des Publishers ansehen