Eks Pelatih Timnas Indonesia Sebut Naturalisasi Bisa Jadi Salah Satu Solusi Sepak Bola Indonesia | OneFootball

Eks Pelatih Timnas Indonesia Sebut Naturalisasi Bisa Jadi Salah Satu Solusi Sepak Bola Indonesia | OneFootball

In partnership with

Yahoo sports
Icon: Bola.net

Bola.net

·07 de julho de 2024

Eks Pelatih Timnas Indonesia Sebut Naturalisasi Bisa Jadi Salah Satu Solusi Sepak Bola Indonesia

Imagem do artigo:Eks Pelatih Timnas Indonesia Sebut Naturalisasi Bisa Jadi Salah Satu Solusi Sepak Bola Indonesia

Bola.net - Mantan Pelatih Timnas Indonesia, Jacksen F Tiago, angkat bicara soal polemik naturalisasi di Timnas Indonesia. Pelatih asal Brasil ini menyebut bahwa naturalisasi para pemain diaspora tersebut bisa jadi salah satu solusi bagi sepak bola Indonesia saat ini.

"Saya sangat setuju dengan proses naturalisasi, tapi juga sependapat dengan teman-teman, yang menyampaikan bahwa kita juga harus fokus kompetisi lokal, terutama di usia dini karena itu akan berdampak besar kepada jangka panjang," tutur Jacksen, dalam siniar di kanal youtube Helmy Yahya Bicara.


Vídeos OneFootball


"Mungkin, naturalisasi bisa saja jadi sebuah jalan keluar jangka pendek, tapi jangka panjang kita membenahi sistem pembinaan di Indonesia. Saya rasa, dua-duanya ada benarnya," sambungnya.

Menurut Jacksen, kehadiran para pemain naturalisasi memang akan membuat persaingan untuk memperkuat Timnas Indonesia kian ketat. Namun, menurutnya, tetap ada segi positif dari kian ketatnya persaingan tersebut.

"Saya rasa, pada umumnya, hal tersebut akan meningkatkan persaingan, karena akan memacu pemain lokal untuk bisa mengejar ketertinggalan," kata Jacksen.

1 dari 2 halaman

Buah dari Globalisasi

Imagem do artigo:Eks Pelatih Timnas Indonesia Sebut Naturalisasi Bisa Jadi Salah Satu Solusi Sepak Bola Indonesia

Jacksen F Tiago (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Lebih lanjut, menurut Jacksen, adanya naturalisasi merupakan sebuah keniscayaan. Pasalnya, pelatih berusia 56 tahun ini menilai, naturalisasi merupakan salah satu buah dari globalisasi, yang membuat batasan-batasan negara hilang.

"Bicara Indonesia, kita harus bicara tentang seluruh dunia. Ini saya rasa bagian dari globalisasi. Itulah dunia sekarang ini, tidak ada batasnya," ucap Jacksen.

"Bicara naturalisasi atau tidak, saya rasa sah saja karena itu hak orangnya. Namun, saya rasa, semua orang itu (yang dinaturalisasi) punya darah Indonesia. Menurut saya, sudah bukan zaman untuk hal seperti itu lagi (berdebat soal naturalisasi), tapi saya respek terhadap orang yang punya pendapat seperti itu. Namun, saya rasa, itu adalah bagian dari globalisasi, bagian dari perubahan dunia yang sedang terjadi. Kalau kalau kita tidak mengikuti itu, ya sulit sekali. Menurut saya, kita sudah di jalur yang benar," sambungnya.

Pembuktian Pemain Naturalisasi

Imagem do artigo:Eks Pelatih Timnas Indonesia Sebut Naturalisasi Bisa Jadi Salah Satu Solusi Sepak Bola Indonesia

Timnas Indonesia merayakan kemenangan 2-0 atas Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Selasa (11/6/2024). (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Jacksen pun menanggapi soal rasa nasionalisme para pemain naturalisasi, yang kerap dipertanyakan sebagian pihak. Pelatih yang sudah sekitar tiga dasawarsa berkecimpung di sepak bola Indonesia ini menilai bahwa para pemain naturalisasi sudah menjawab keraguan dan pertanyaan soal nasionalisme mereka.

Jacksen mencontohkan ekspresi Thom Haye saat mencetak gol pada laga kontra Filipina lalu. Waktu itu, ekspresi wajah gelandang berdarah Belanda tersebut menunjukkan perasaannya, termasuk kebanggaannya berseragam Merah Putih.

"Ia sangat tersentuh sekali dengan momen itu. Apakah itu bukan sebuah bukti bahwa nasionalisme rasa bangga terhadap bangsa yang dia bela itu ada di dia? Menurut saya, itu adalah sebuah momentum luar biasa, yang orang-orang di Indonesia tidak pernah bicara tentang itu," kata Jacksen.

"Menurut saya, itu adalah sebuah momen yang sangat istimewasekali, terutama kepada anak-anak naturalisasi. Ia menunjukkan ekspresi yang mungkin sama dengan putra bangsa yang lahir di Indonesia," ia menandaskan.

Saiba mais sobre o veículo