Seruan Grassroot: Jangan Cuma PON, Kapan PSSI Serius Menggelar Liga 1 Putri? | OneFootball

Seruan Grassroot: Jangan Cuma PON, Kapan PSSI Serius Menggelar Liga 1 Putri? | OneFootball

In partnership with

Yahoo sports
Icon: Bola.com

Bola.com

·18 settembre 2024

Seruan Grassroot: Jangan Cuma PON, Kapan PSSI Serius Menggelar Liga 1 Putri?

Immagine dell'articolo:Seruan Grassroot: Jangan Cuma PON, Kapan PSSI Serius Menggelar Liga 1 Putri?

Bola.com, Jakarta Pertandingan sepak bola putri telah rampung digelar di PON XXI Aceh-Sumut 2024. Hasilnya, tim Jawa Barat keluar sebagai peraih medali emas setelah menang 3-0 atas DKI Jakarta dalam partai final di Stadion Mini Pancing, Deli Serdang, Sabtu (14/9/2024).

Untuk saat ini, PON adalah satu-satunya ajang nasional bagi pemain sepak bola putri untuk menambah jam terbang. Tak ada kompetisi nasional lain. Jadi kalau ingin bertanding lagi, para pemain putri harus sabar empat tahun lagi.


OneFootball Video


Liga 1 Putri sendiri sempat digelar pada 2019 dengan Persib Putri keluar sebagai kampiun. Itu jadi satu-satunya musim Liga 1 Putri yang digelar. Saat ini, belum ada kelanjutannya lagi sampai sekarang setelah lima tahun.

Dalam PON, ajang sepak bola putri cuma melibatkan sembilan tim pada tahun ini. Jumlah itu masih dibagi dalam tiga grup yang berisi tiga tim pada babak penyisihan dengan sistem single round robin. Artinya, satu tim hanya bertanding minimal dua kali saja.

Jumlah pertandingan akan bertambah dua jika tim menembus babak semifinal. Jadi, total setiap tim maksimal bertanding empat kali. Jumlah pertandingan ini tentu saja kurang untuk menempa pengalaman pesepak bola putri.

Hal itu sangat kontras dengan apa yang terjadi pada kompetisi sepak bola putra. Liga 1 bisa bergulir setiap musim dan melahirkan banyak pemain hebat untuk Timnas Indonesia.

Visualizza l' imprint del creator