3 Alasan Timnas Indonesia Kalah 0-10 dari Bahrain pada 2012 | OneFootball

3 Alasan Timnas Indonesia Kalah 0-10 dari Bahrain pada 2012 | OneFootball

In partnership with

Yahoo sports
Icon: Bola.net

Bola.net

·8 ottobre 2024

3 Alasan Timnas Indonesia Kalah 0-10 dari Bahrain pada 2012

Immagine dell'articolo:3 Alasan Timnas Indonesia Kalah 0-10 dari Bahrain pada 2012

Bola.net - Timnas Indonesia akan berjumpa Bahrain pada matchday ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (10/10) nanti. Pertemuan ini membuat ingatan publik pada memori buruk yang terjadi pada 2012 lalu.

Ketika itu, Indonesia menelan kekalahan dengan skor 0-10 dari Bahrain. Laga di Bahrain National Stadium pada 29 Februari 2012 itu akan tercatat sebagai salah satu kekalahan terburuk Indonesia.


OneFootball Video


Hasil itu bukan hanya disorot publik di dalam negeri, akan tetapi luar negeri. Sempat ada dugaan Indonesia 'bermain sabun' karena Bahrain butuh kemenangan dengan selisih sembilan gol untuk lolos ke babak berikutnya di Kualifikasi Piala Dunia 2014.

Namun, investigasi AFC tidak menemukan indikasi pengaturan skor pada laga Bahrain vs Indonesia itu. Lantas, apa saja faktor yang membuat Indonesia kalah dengan skor mencolok pada duel lawan Bahrain tersebut?

Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 4 halaman

Konflik Internal di PSSI

Immagine dell'articolo:3 Alasan Timnas Indonesia Kalah 0-10 dari Bahrain pada 2012

Logo PSSI (c) Bola.com/Dody Iryawan

Ya, konflik di internal PSSI menjadi akar dari situasi buruk Timnas Indonesia ketika itu. Timnas Indonesia bisa dibilang bukan representasi pemain terbaik yang dimiliki Indonesia.

Konflik saat itu berdampak sangat buruk bagi sepak bola Indonesia. Ada dua liga yang bergulir yakni Indonesia Premier League (IPL) dan Indonesia SUper League (ISL). Hal itu berdampak pada komposisi pemain Timnas Indonesia.

Kurnia Meiga, Boaz Solossa, Cristian Gonzales, Hamka Hamzah yang berada dalam performa terbaik tak bisa membela Timnas Indonesia. Hal itu terjadi karena mereka membela untuk klub yang bermain di ISL.

Pertandingan Selanjutnya

2 dari 4 halaman

Komposisi Pemain yang tidak Ideal

Immagine dell'articolo:3 Alasan Timnas Indonesia Kalah 0-10 dari Bahrain pada 2012

Pelatih Persikabo, Aji Santoso. (c) Bola.net/Abdul Aziz

Aji Santoso yang ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan tim. Bukan hanya itu, Aji Santoso juga punya pilihan pemain yang sangat terbatas.

Aji Santoso hanya bisa memilih pemain yang bermain di IPL. Pemain yang minim jam terbang seperti Hengky Ardiles, Syamsidar, Rendi Irwan, Slamet Nurcahyo, Sigit Meiko, dan Ricky Ohorella dapat panggilan ke Timnas Indonesia.

Pada masa persiapan, Indonesia menjalani laga uji coba melawan Persebaya 1927. Skuad Garuda menelan kekalahan dengan skor 0-1. Hasil ini bisa jadi gambaran seperti apa kondisi Timnas Indonesia.

Visualizza l' imprint del creator