Setelah Dipakai Konser NCT Dream, Berapa Lama Rumput SUGBK Bisa Pulih Lagi? | OneFootball

Setelah Dipakai Konser NCT Dream, Berapa Lama Rumput SUGBK Bisa Pulih Lagi? | OneFootball

In partnership with

Yahoo sports
Icon: Bola.net

Bola.net

·19 mai 2024

Setelah Dipakai Konser NCT Dream, Berapa Lama Rumput SUGBK Bisa Pulih Lagi?

Image de l'article :Setelah Dipakai Konser NCT Dream, Berapa Lama Rumput SUGBK Bisa Pulih Lagi?

Bola.net - Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, dipilih sebagai venue pertandingan Timnas Indonesia untuk dua laga terakhir putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Irak (6/6/2024) dan Filipina (11/6). Namun jelang duel tersebut, SUGBK justru menjadi lokasi konser musik.

Pada Sabtu (18/5), SUGBK dipakai oleh boyband asal Korea Selatan, NCT Dream, untuk menggelar pertunjukan. Konser itu digelar kurang dari tiga pekan jelang duel Timnas Indonesia melawan Irak.


Vidéos OneFootball


Kekhawatiran terkait rusaknya rumput dan lapangan pun kembali mengemuka. Namun, pihak Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) memastikan bahwa kekhawatiran itu tidak perlu terjadi.

"Khusus pekerjaan pemeliharaan kualitas rumput lapangan SUGBK untuk penyelenggaraan pertandingan kualifikasi Piala Dunia berstandar internasional sesuai ketetapan FIFA, sejak April 2024 pengelolaan rumput Stadion Utama GBK dikelola langsung oleh PPKGBK bersama-sama dengan PSSI, dengan dukungan dan supervisi ahli rumput profesional dan akademisi," ujar Humas PPKGBK, Dea Amelia saat dihubungi Bola.net, Minggu (19/5).

PPKGBK Beri Syarat Ketat pada Promotor

Dea Amelia menjelaskan bahwa pendekatan pengelolaan rumput dilakukan secara ilmiah, kemudian dilakukan pengujian di area kawasan GBK sehingga diharapkan pengujian tersebut mendekati kondisi aktual seperti di lapangan SUGBK. Pelaksanaan uji coba dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui risiko terhadap jumlah hari penutupan, masa pemeliharaan rumput, serta treatment, dan metode yang tepat untuk mengembalikan rumput ke kondisi ideal dan siap digunakan pasca kegiatan.

"Berdasarkan hasil pelaksanaan uji coba rumput lapangan terhadap pengaruh beban, cuaca, waktu penyiraman, masa penutupan rumput serta beberapa parameter lain ditemukan bahwa area rumput dengan kondisi terbaik yaitu pada saat ditutup selama-lamanya lima hari," ungkapnya.

Dea Amelia juga menyebut bahwa PPKGBK bersama promotor konser NCT Dream menyepakati beberapa hal sebelum konser digelar. Satu di antaranya terkait ketentuan penutupan rumput lapangan.

"Oleh karena itu, berdasarkan komunikasi PPKGBK dengan pihak promotor telah disepakati konser musik internasional NCT-Dream pada tanggal 18 Mei 2024 dapat tetap berlangsung di SUGBK dengan syarat dan ketentuan penutupan rumput yang sangat ketat," tegasnya.

À propos de Publisher