Tantangan untuk Shin Tae-yong: Bisakah Bawa Timnas Indonesia ke 100 Besar Ranking FIFA? | OneFootball

Tantangan untuk Shin Tae-yong: Bisakah Bawa Timnas Indonesia ke 100 Besar Ranking FIFA? | OneFootball

In partnership with

Yahoo sports
Icon: Bola.net

Bola.net

·17 May 2024

Tantangan untuk Shin Tae-yong: Bisakah Bawa Timnas Indonesia ke 100 Besar Ranking FIFA?

Article image:Tantangan untuk Shin Tae-yong: Bisakah Bawa Timnas Indonesia ke 100 Besar Ranking FIFA?

Bola.net - Shin Tae-yong mendapat target ambisius dari Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dalam kontrak barunya yang berdurasi hingga 2027. STY ditantang membawa Timnas Indonesia menembus 100 besar ranking FIFA.

Erick Thohir mengatakan, kesepakatan awal perpanjangan kontrak ini sebetulnya sudah dicapai bersama Shin Tae-yong pada medio April 2024, tepatnya ketika mendampingi Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024.


OneFootball Videos


Dalam sesi makan malam yang berlangsung di restoran Korea Selatan itu, Ketua Umum PSSI mengawali perbincangan dengan laga berat Garuda Muda melawan Taeguk Warriors pada babak perempat final.

“Ada dua alasan sebenarnya mengapa saya mengajak Coach Shin Tae-yong makan malam waktu itu di restoran Korea Selatan. Bukan berarti saya menekan Coach STY,” ujar Erick Thohir dinukil dari acara Rosi Kompas TV, Kamis (16/5/2024).

“Dalam makan malam itu, saya memberi pertanyaan yang berat. “Coach, ini melawan Korea Selatan, lho. Tidak mudah buat Coach’. Dan Coach Shin Tae-yong bilang, ‘Ya, tidak mudah, tetapi saya profesional’,” lanjutnya.

1 dari 3 halaman

Belum Bicara Detail

Article image:Tantangan untuk Shin Tae-yong: Bisakah Bawa Timnas Indonesia ke 100 Besar Ranking FIFA?

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Menurut lelaki yang menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu, diskusi soal perpanjangan kontrak dengan Shin Tae-yong saat itu belum mengarah pada ketentuan-ketentuan yang detail.

Pasalnya, kata Erick, PSSI belum bisa melakukan negosiasi yang lebih berat mengingat pelatih asal Korea Selatan itu masih harus fokus mendampingi anak asuhnya di fase gugur Piala Asia U-23 2024.

“Yang kedua, saya juga menanyakan bahwa kita akan berbicara detail saat ini atau setelah turnamen. Dia akhirnya meminta pembicaraan setelah turnamen. Jika negosiasi angka, bisa saja angka yang dia minta dengan angka kita berbeda. Itu nanti mempengaruhi dia juga,” ujarnya.

2 dari 3 halaman

Target 100 Besar

Article image:Tantangan untuk Shin Tae-yong: Bisakah Bawa Timnas Indonesia ke 100 Besar Ranking FIFA?

Timnas Indonesia merayakan gol Ragnar Oratmangoen ke gawang Timnas Vietnam, Selasa (26/3/2024) (c) Dok. PSSI

Selain itu, perbincangan itu juga menyinggung soal target besar yang ingin diberikan federasi kepada Shin Tae-yong. Erick mengatakan, keberlanjutan kerja sama ini punya misi besar untuk membawa Timnas Indonesia ke peringkat 100 besar FIFA.

“Saat itu, kami membicarakan bahwa kerja sama ini akan berlanjut sampai 2027. Ada beberapa diskusi seperti target berikutnya yang ingin dicapai apa. Saya saat itu bilang kalau target berikutnya 100 besar,” ujarnya.

“Saya tidak bisa ngomong turnamen ini masuk peringkat berapa, ya itu tidak fair juga. Target besarnya bisa enggak selama tiga tahun ke depan kita masuk peringkat 100 besar FIFA. Sekarang kan kita di peringkat 134,” imbuhnya.

View publisher imprint