Profil AIS, Satu-satunya Komunitas Supporter Arsenal di Indonesia yang Diakui The Gunners | OneFootball

Profil AIS, Satu-satunya Komunitas Supporter Arsenal di Indonesia yang Diakui The Gunners | OneFootball

In partnership with

Yahoo sports
Icon: Bola.net

Bola.net

·13 May 2024

Profil AIS, Satu-satunya Komunitas Supporter Arsenal di Indonesia yang Diakui The Gunners

Article image:Profil AIS, Satu-satunya Komunitas Supporter Arsenal di Indonesia yang Diakui The Gunners

Bola.net - Arsenal Indonesia Supporter (AIS) adalah komunitas pendukung Arsenal di Indonesia. Komunitas ini sudah mendapatkan pengakuan dari Arsenal sebagai keluarga besar official supporter club The Gunners.

Berawal dari kegiatan grup mailing list (milis) Arsenal_thegunners, sejumlah pencinta Tim Meriam London melakukan kopdar untuk menggelar nonton bareng. Selain itu, mereka juga kerap melakukan kegiatan olahraga bersama.


OneFootball Videos


Untuk semakin mengakomodir kegiatan-kegiatan pendukung Arsenal di Tanah Air, akhirnya pada 23 April 2003 terbentuklah Arsenal Indonesia Suporter.

"Awalnya dari sebuah grup milis Arsenal_thegunners, lalu beberapa member mulai rutin melakukan kopdar nonton bareng match Arsenal dan main bola pantai yang saat itu sedang populer. Selanjutnya, dibentuklah Arsenal Indonesia Supporters pada April 2003," jelas Ketua AIS saat ini, Alif Sapto Nugroho.

1 dari 4 halaman

Anggota hingga 16 Ribu

Article image:Profil AIS, Satu-satunya Komunitas Supporter Arsenal di Indonesia yang Diakui The Gunners

Selebrasi Arsenal Indonesia Supporters pada Roaring Night Arsenal Vs Crystal Palace setelah Gabriel Martinelli mencetak gol ke gawang Dean Henderson. (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Bakal berulang tahun yang ke-21 pada 23 April 2024, AIS telah berkembang pesat dan menjadi satu di antara komunitas suporter terbesar di Indonesia. Sampai saat ini, AIS telah memiliki hingga 16 ribu lebih member resmi.

Selain itu, mereka juga tersebar di 134 regional (kota) di 38 provinsi di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah AIS Banda Aceh, AIS Bukittinggi, AIS Batam, AIS Lampung, AIS Jakarta, AIS Depok, hingga AIS Jayapura.

Uniknya, regional-regional tersebut memiliki logo khas masing-masing yang mengggambarkan daerah asalnya.

"Saat ini, AIS sudah memiliki 134 regional di 38 provinsi. Kami juga sudah terdaftar resmi sejak 2004 sebagai Official Supporters Club Arsenal," tambah Alif.

View publisher imprint