Momen-momen Menarik Indonesia U-23 vs Korea Selatan: 2 VAR Untungkan Indonesia, Gol Berkelas Struick, Korsel Terlanjur Selebrasi | OneFootball

Momen-momen Menarik Indonesia U-23 vs Korea Selatan: 2 VAR Untungkan Indonesia, Gol Berkelas Struick, Korsel Terlanjur Selebrasi | OneFootball

Icon: Bola.net

Bola.net

·25 April 2024

Momen-momen Menarik Indonesia U-23 vs Korea Selatan: 2 VAR Untungkan Indonesia, Gol Berkelas Struick, Korsel Terlanjur Selebrasi

Article image:Momen-momen Menarik Indonesia U-23 vs Korea Selatan: 2 VAR Untungkan Indonesia, Gol Berkelas Struick, Korsel Terlanjur Selebrasi

Bola.net - Ada sejumlah momen menarik yang tersaji ketika Timnas Indonesia U-23 berduel lawan Korea Selatan U-23 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat (26/04/2024) dini hari WIB.

Duel ini berlangsung sangat menarik dan dramatis. Timnas Indonesia U-23 sempat unggul berkat gol berkelas Rafael Struick.


OneFootball Videos


Namun Korea bisa menyamakan skor melalui bunuh diri Komang Teguh. Struick sekali lagi bisa membuat Garuda Muda unggul 2-1.

Korea kemudian bermain dengan 10 pemain karena Lee Young-jun dikartu merah langsung oleh wasit. Tapi mereka malah bisa menyamakan skor via tembakan Jeong Sang-bin.

Penentuan pemenang akhirnya harus dilakukan via adu penalti. Di sini tepisan Ernando Ari dan eksekusi Pratama Arhan jadi penentu kemenangan Indonesia dengan skor 11-10.

Pertandingan yang sangat seru ini sendiri menghasilkan banyak momen menarik di lapangan yang mungkin kalian lewatkan Bolaneters. Apa saja itu? Simak kuy di bawah ini.

1 dari 14 halaman

Gol Korea Dianulir VAR

Pada menit ke delapan, gawang Ernando Ari dijebol oleh tendangan keras Lee Kang-Hee dari luar kotak penalti. Ia menyambut bola hasil sapuan Komang Teguh.

Bola mengarah ke sisi kanan gawang. Skuad Korea Selatan pun berselebrasi tapi saat laga akan dilanjutkan lagi, wasit menerima instruksi dari wasit VAR.

Dari pemeriksaan VAR, terlihat ada satu pemain Korea yang terjebak offside sebelum terciptanya gol Kang-hee. Kaki kanannya telat naik.

2 dari 14 halaman

Gol Berkelas Struick

Pada menit ke-15, Timnas Indonesia U-23 sedang menekan pertahanan Korea Selatan U-23. Skuad Garuda Muda mencoba menggedor pertahanan lawan dengan tembakan dari luar kotak penalti.

Percobaan pertama dilakukan tapi gagal. Bola membentur pemain bertahan Korea.

Bola liar jatuh ke kaki Rafael Struick. Rafael kemudian melepas tembakan melengkung dari luar kotak penalti di halfspace kiri.

3 dari 14 halaman

Marselino Gagal Nyekor

Pada menit ke-31, Timnas Indonesia U-23 sukses mencuri bola dari bek Korea Selatan U-23. Mereka kemudian menyerang dari sisi kiri.

Marselino Ferdinan menguasai bola saat itu. Ia kemudian memberikan umpan pendek pada Rafael Struick.

Struick dengan cepat memberikan kembali bola pada Marselino dengan tumitnya. Hal ini membuat Marselino mendapat peluang emas mencetak gol.

5 dari 14 halaman

Apesnya Komang Teguh

Pada menit ke-45, Timnas Korea Selatan U-23 menyerang dari flank kanan. Mereka sukses melepas umpan silang.

Bola mengarah ke tiang jauh. Umpan itu kemudian berhasil ditanduk oleh Eom Ji-sung.

Ia berusaha mengembalikan bola ke tengah kotak penalti tapi bola malah membentur kepala Komang Teguh. Apesnya, bola itu bergerak menuju gawang tanpa bisa dicegah Ernando Ari.

6 dari 14 halaman

Backheel + Nutmeg Marselino

Pada menit 45+6, Timnas Indonesia U-23 bisa membendung serangan Korea di kiri lapangan. Mereka kemudian bergerak maju dengan elegan.

Padahal mereka berusaha dihalangi pemain Korea. Salah satunya berkat aksi backheel Marselino.

Ia kemudian bisa maju mendekati kotak penalti dan diadang beberapa lawan sekaligus. Tapi Marselino tetap bisa melewati lawan.

Marselino sukses melakukan nutmeg pada sang lawan. Hal ini membuat lawan akhirnya menghentikannya dengan cara melanggarnya.

7 dari 14 halaman

Peluang Pratama Arhan

Pada menit ke-54, Timnas Indonesia U-23 menguasai bola. Mereka kemudian melancarkan serangan ke pertahanan Korea Selatan U-23.

Bola digulirkan ke kanan via Rio Fahmi. Ia kemudian memberikan umpan pada Witan Sulaeman.

Witan berhasil mengumpankan bola balik ke tengah kotak penalti. Pratama Arhan yang berdiri bisa kemudian melepas tembakan kaki kanan.

Sayangnya bola sepakannya melambung tinggi. Hal ini bisa dimaklumi karena kaki kanan bukan kaki terkuatnya.

8 dari 14 halaman

Blok Krusial Ridho

Pada menit ke-59, Indonesia U-23 mendapat tekanan berat dari Korea Selatan U-23. Mereka menyerang dari sisi kanan.

Bola kemudian diumpankan ke tengah kotak penalti. Salah satu pemain Korea kemudian berhasil melepas tembakan mendatar.

Namun untungnya bola itu bisa diblok oleh Rizky Ridho. Padahal saat itu ia sedang mengawal satu pemain lawan.

9 dari 14 halaman

VAR Kartu Merah untuk Korea!

Pada menit ke-69, kabar buruk diterima oleh Korea Selatan U-23. Pemain yang baru masuk di babak kedua, Lee Young-jun dikartu merah oleh wasit.

Pasalnya ia melakukan pelanggaran berbahaya pada Justin Hubner beberapa menit sebelumnya. Wasit awalnya cuma memberikan kartu kuning saja.

Namun wasit kemudian mengecek pelanggaran itu via VAR. Hasilnya, ia membatalkan kartu kuning pada Lee dan memberikannya kartu merah langsung.

10 dari 14 halaman

Kartu Merah untuk Pelatih Korea

Pada menit 90+7, pertandingan sempat terhenti sejenak. Saat itu ada pelanggaran yang dilakukan Witan Sulaeman pada pemain Korea Selatan.

Wasit kemudian tak kunjung memulai pertandingan. Ia malah menuju ke pinggir lapangan.

Wasit ternyata mendatangi bench skuad Korea Selatan. Ia memberikan kartu merah pada pelatih Korsel, Hwang Sun-hong.

11 dari 14 halaman

Roket Nathan Sapa Fans Indonesia

Pada menit ke-114, Timnas Indonesia U-23 menekan pertahanan Korea Selatan U-23. Mereka mengawali serangan dari kanan.

Bola kemudian diberikan pada Nathan Tjoe-A-on di depan kotak penalti. Ia kemudian melepas tembakan keras dari jarak sekitar 20 meter.

Bola melesat tipis di sisi kanan atas gawang Korea Selatan. Bola itu terus melaju ke tribune tempat suporter Timnas Indonesia U-23 berada.

12 dari 14 halaman

Korsel Terlanjur Selebrasi

Pendukung Timnas Indonesia U-23 sempat lemas. Pasalnya penalti Justin Hubner bisa disetop kiper Korea Selatan U-23.

Namun saat pemain Korea sudah terlanjut berselebrasi, wasit menyatakan aksi penyelamatan kiper mereka tidak sah. Dari tayangan ulang, terlihat kedua kaki kiper bergerak lebih dahulu dari garis.

Penalti pun harus diulang. Kali ini Justin Hubner bisa melakukan tugasnya dengan lebih baik.

13 dari 14 halaman

Selebrasi Ernando

Duel Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berlangsung dramatis. Ernando Ari sempat menggagalkan dua penalti lawan.

Salah satunya menggagalkan penalti gelandang Korea, Lee Kang-Hee. Ernando berhasil mengadang bola yang diarahkan ke sisi kiri gawangnya.

Kegagalan itu membuat Lee hanya bisa terdian lesu. Di sisi lain, Ernando mendekati pemain nomor delapan itu dan kemudian melakukan selebrasi di hadapan sang pemain.

14 dari 14 halaman

Ivar Ikut Selebrasi Tapi Kepleset

Timnas Indonesia U-23 akhirnya bisa memenangi adu penalti. Kemenangan dipastikan melalui eksekusi penalti Pratama Arhan.

Ia sukses mengecoh kiper Korea Selatan. Pratama Arhan langsung melakukan selebrasi di area pinggir gawang diikuti oleh pemain Indonesia lainnya.

Saat itu terlihat Ivar Jenner berlari untuk ikut melakukan selebrasi. Namun saat akan memeluk rekan-rekannya, ia malah jatuh terjengkang karena terpeleset. Kocak!

View publisher imprint