Menpora Sanggah Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Berpaspor Ganda: Saya Pastikan Tidak Benar | OneFootball

Menpora Sanggah Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Berpaspor Ganda: Saya Pastikan Tidak Benar | OneFootball

In partnership with

Yahoo sports
Icon: Bola.net

Bola.net

·17 September 2024

Menpora Sanggah Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Berpaspor Ganda: Saya Pastikan Tidak Benar

Article image:Menpora Sanggah Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Berpaspor Ganda: Saya Pastikan Tidak Benar

Bola.net - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo angkat bicara mengenai rumor pemain naturalisasi Timnas Indonesia mempunyai dua paspor. Ia membantahnya.

Sebelumnya mantan Duta Besar (Dubes) untuk Polandia, Peter Gontha menuduh pemain naturalisasi Timnas Indonesia tidak melepas paspor lamanya kendati telah menjadi WNI.


OneFootball Videos


Padahal, Indonesia tidak menganut kewarganegaraan ganda. Belanda juga tidak. Seperti diketahui, banyak pemain naturalisasi Timnas Indonesia lahir di Belanda.

"Saya bisa pastikan itu tidak benar, karena setiap proses itu pasti ada cek faktualnya," ujar Dito kepada wartawan.

"Jadi semuanya sudah memegang paspor Indonesia," kata politikus Partai Golkar ini.

Sanggahan PSSI

Sebelumnya, anggota Exco PSSI telah menyanggah rumor pemain naturalisasi Timnas Indonesia berpaspor ganda. Ia memastikan pemain masuk dan keluar Indonesia dengan paspor Indonesia.

"Kita ini bingung ketika Timnas Indonesia berjuang hasilnya baik membawa nama merah putih semuanya bersatu rakyatnya mendukung bisa dilihat antusiasme rakyat juga besar karena timnas bisa berkibar," tutur Arya.

"Rasa kebangsaan juga besar, ada saja orang yang berusaha menggembosi dengan isu-isu yang kadang-kadang enggak jelas juga, kok bisa gitu," sambung Arya.

"Masih seperti itu yang terjadi, bisa kami jelaskan, yang pasti pemain diaspora itu mereka punya darah Indonesia bahkan ada bapak atau ibunya itu orang Indonesia, orang Maluku atau orang Manado asli," ungkapnya.

View publisher imprint