Kenalin Nih, Shakti Si Maskot Baru Timnas Indonesia | OneFootball

Kenalin Nih, Shakti Si Maskot Baru Timnas Indonesia | OneFootball

In partnership with

Yahoo sports
Icon: Bola.net

Bola.net

·3 August 2024

Kenalin Nih, Shakti Si Maskot Baru Timnas Indonesia

Article image:Kenalin Nih, Shakti Si Maskot Baru Timnas Indonesia

Bola.net - Timnas Indonesia kini punya maskot baru. Maskot ini berupa seekor burung Garuda yang diberi nama Shakti, hasil dari dari sayembara yang beberapa waktu lalu digelar PSSI.

"Dari total 388 peserta yang mendaftarkan karyanya, terpilih 8 karya terbaik pilihan para juri, kemudian dilakukan voting terbuka secara umum untuk menentukan tiga terbaik," bunyi keterangan resmi di situs web PSSI.


OneFootball Videos


"Hasilnya, tiga karya hasil voting tersebut yaitu 'Gatara' oleh Hamdan Dwi Prasetya, 'Sigara' oleh Moh. Fadel dan 'Shakti' oleh Is Yuniarto," sambung PSSI.

1 dari 3 halaman

Filosofi Shakti

Shakti merupakan burung Garuda yang berkepala putih yang memakai jersey merah. Maskot itu disebut sebagai simbol identitas berbagai wilayah di Indonesia.

Shakti disebut representasi yang melambangkan semangat tradisi nusantara, usaha, kekuatan, optimistis, dan bersahaja. Sosok Shakti dibuat dengan elemen warna Merah Putih yang dominan dan memiliki pesan serta identitas negara Indonesia.

Pada bagian dahinya, Shakti memiliki lambang tali perut ikan berwarna biru yang merupakan motif ukir khas suku Asmat, Papua, bernama Afuiyak Wow. Makna lambang tersebut adalah untuk hidup manusia harus berusaha.

Sementara di bagian sayap samping kepalanya, terdapat corak batik khas Yogyakarta dan Solo bernama Batik Gurdo yang bermakan sebagai simbol kekuatan.

Mata Shakti terinspirasi dari salah satu bentuk mata wayang kulit yang disebut dengan Netra Thelengan. Sementara paruhnya ada corak ragam hias songket khas Minang dan daerah Sumatera yang dinamakan Pucuak Rabuang.

View publisher imprint