Kasus-Kasus yang Membayangi Timnas Indonesia Buntut Ulah Suporter: Mulai dari Lawan Malaysia, Guinea, hingga Bahrain | OneFootball

Kasus-Kasus yang Membayangi Timnas Indonesia Buntut Ulah Suporter: Mulai dari Lawan Malaysia, Guinea, hingga Bahrain | OneFootball

In partnership with

Yahoo sports
Icon: Bola.com

Bola.com

·17 October 2024

Kasus-Kasus yang Membayangi Timnas Indonesia Buntut Ulah Suporter: Mulai dari Lawan Malaysia, Guinea, hingga Bahrain

Article image:Kasus-Kasus yang Membayangi Timnas Indonesia Buntut Ulah Suporter: Mulai dari Lawan Malaysia, Guinea, hingga Bahrain

Bola.com, Jakarta - Berbagai kasus pernah membayangi Timnas Indonesia buntut ulah suporter dan netizen dalam beberapa tahun terakhir. Mulai dari melawan Timnas Malaysia, Timnas Guinea U-23, hingga Timnas Bahrain.

Suporter Malaysia dievakuasi dari tribune barat yang berbatasan dengan tribune selatan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada 5 September 2019 setelah berhadapan dengan Timnas Indonesia.


OneFootball Videos


Ketika itu, Malaysia berhasil mengalahkan Timnas Indonesia 3-2 dalam matchday kedua Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Pendukung Malaysia yang tergabung dalam Ultra Malaya itu dievakuasi ke lorong pemain SUGBK sebagai bentuk mitigasi luapan kekecewaan fans Timnas Indonesia.

Ultras Malaya terkurung hingga tengah malam. Sebelumnya ketika berada di tribune SUGBK, militan Malaysia itu dilempari botol hingga bom asap oleh suporter Timnas Indonesia.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia yang masih menjabat kala itu, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman, turut berdiri di tengah-tengah kerumunan suporter Malaysia.

Akibat peristiwa itu, Timnas Indonesia mendapatkan hukuman denda dari FIFA berupa 45 ribu franc Swiss atau setara dengan Rp643 juta dalam kurs saat itu.

Buntut kejadian itu pula, Pemerintah RI melalui Menpora RI ketika itu, Imam Nahrawi mengirimkan surat permohonan maaf secara resmi kepada Pemerintah Malaysia.

View publisher imprint