Daftar 11 Pemain Naturalisasi di Era Shin Tae-yong: Calvin Verdonk dan Jens Raven Menyusul, Widih Sudah 1 Tim! | OneFootball

Daftar 11 Pemain Naturalisasi di Era Shin Tae-yong: Calvin Verdonk dan Jens Raven Menyusul, Widih Sudah 1 Tim! | OneFootball

Icon: Bola.com

Bola.com

·1 May 2024

Daftar 11 Pemain Naturalisasi di Era Shin Tae-yong: Calvin Verdonk dan Jens Raven Menyusul, Widih Sudah 1 Tim!

Article image:Daftar 11 Pemain Naturalisasi di Era Shin Tae-yong: Calvin Verdonk dan Jens Raven Menyusul, Widih Sudah 1 Tim!

Bola.com, Jakarta - Kiper FC Dallas, Maarten Paes, menjadi pemain ke-11 yang dinaturalisasi sejak Shin Tae-yong menjadi pelatih Timnas Indonesia pada Januari 2020. Jumlahnya bakal bertambah dalam waktu dekat.

Maarten Paes telah resmi sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) pada Selasa (30/4/2024). Penjaga gawang kelahiran Nijmegen, Belanda, itu tinggal menjalani perpindahan federasi sebelum membela Timnas Indonesia.


OneFootball Videos


Advertisement

PSSI mulai bergerak menaturalisasi pemain keturunan pada 2022 dengan restu Shin Tae-yong. Jordi Amat dan Sandy Walsh dilantik pada November dua tahun lalu, disusul Shayne Pattynama pada Januari 2023.

Pergantian Ketua PSSI dari Mochamad Iriawan ke Erick Thohir pada 16 Februari 2024 tidak menyurutkan nafsu PSSI untuk menaturalisasi pemain keturunan buat Timnas Indonesia, malah sebaliknya dan makin masif.

View publisher imprint