9 Daftar Pemain Bola Terbaik Indonesia Sepanjang Masa | OneFootball

9 Daftar Pemain Bola Terbaik Indonesia Sepanjang Masa | OneFootball

In partnership with

Yahoo sports
Icon: Bolasport.com

Bolasport.com

·28 July 2023

9 Daftar Pemain Bola Terbaik Indonesia Sepanjang Masa

Article image:9 Daftar Pemain Bola Terbaik Indonesia Sepanjang Masa

BOLASPORT.COM - Ada banyak pemain bola terbaik Indonesia sepanjang masa. Mereka merupakan pemain yang memiliki talenta mengagumkan serta berhasil menorehkan sejarah luar biasa di dunia sepak bola.

Walaupun sekarang ini sebagian orang menganggap tim nasional Indonesia minim prestasi, tapi dulunya pernah disebut sebagai macan Asia. Hal ini tidak terlepas dari kehadiran para pemain terbaiknya yang sekarang sudah menjadi legenda.


OneFootball Videos


Mengenang kembali para pemain bola terbaik Indonesia, berikut akan diulas beberapa. Bukan hanya membahas beberapa nama legendaris saja, tapi juga sekilas sejarah sepak bola di Indonesia.

Memahami Sekilas Sejarah Sepak Bola di Indonesia

Adanya pemain bola terbaik Indonesia tidak terlepas dari namanya sejarah. Dulunya, sepak bola masuk ke Indonesia lewat campur tangan penjajah ketika berkuasa, tepatnya Belanda pada 1914.

Dari dulu sejak pertama kalinya diperkenalkan sampai sekarang, olahraga ini memiliki begitu banyak peminat. Meningkatnya peminat olahraga ini, akhirnya Indonesia membentuk sebuah organisasi untuk menaunginya bernama PSSI atau Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia.

Pembentukan organisasi tersebut di Yogyakarta pada 19 April tahun 1930. Pembentukan PSSI terjadi sebelum Indonesia ikut bergabung dengan ajang Piala Dunia pada tahun 1938. Tokoh yang berperan di balik pembentukan organisasi PSSI bernama Soeratin Sosrosoegondo.

Semenjak kala itu, Indonesia terus mengalami perkembangan. Bahkan PSSI memperluas kesempatannya dengan membuat beragam ajang perlombaan sepak bola, seperti melalui pembentukan Liga Super Indonesia.

Kemudian memberikan kesempatan daerah untuk membentuk organisasi naungan. Setelah itu PSSI mengadakan pertandingan kategori gender wanita dan berdasarkan usia, yakni U-15, U-17, U-21 serta U-23. Hingga akhirnya, pemain bola terbaik Indonesia mulai banyak bermunculan.

Sebagai tambahan catatan, sesudah Soeratin Sosrosoegondo wafat, Timnas tidak banyak menciptakan prestasi. Penyebabnya adalah pembinaan yang tidak beriringan pengembangan organisasi dan kompetisi.

Menurut catatan sejarah, Timnas pernah mencetak prestasi membanggakan saat memenangkan pertandingan final SEA Games 1991 melawan Thailand. Momen inilah yang membuat Timnas Indonesia berhasil meraih medali emas untuk cabang olahraga sepak bola.

Inilah 9 Daftar Pemain Bola Terbaik Indonesia Sepanjang Masa

Terlepas dari bagaimanapun kondisi sepak bola di Indonesia sekarang ini, sudah banyak pemain terbaik yang menjadi legenda sepanjang masa. Inilah daftar beberapa pemain bola terbaik Indonesia:

Hendro Kartiko

Hendro Kartiko merupakan kiper terbaik yang pernah Timnas miliki. Hendro pernah ikut bergabung dalam ajang 3 Piala Asia, yaitu tahun 1996, 2000 dan 2004.

Kariernya bermula di Jawa Timur yang mulai meningkat secara signifikan ketika memperkuat Mitra Surabaya. Pada 1996, Timnas memintanya agar mengikuti seleksi Piala Asia.

Pada awalnya, ia di Timnas hanya menjadi cadangan kiper. Tapi kemudian pemain bola terbaik Indonesia satu ini ikut bergabung dalam pertandingan saat melawan Kuwait pada babak grup Piala Asia 1996.

Masuknya dalam pertandingan karena kiper utama Kurnia Sandy pada kala itu mengalami cedera, sehingga ia harus menggantikan. Ia bermain dalam kurun waktu selama 15 tahun dan pernah mendapatkan julukan Barthez Asia.

Beberapa klub yang pernah ia ikuti adalah Arema, PSM Makassar, Persebaya, Mitra Kukar, Sriwijaya FC, Persija serta PSPS Pekanbaru. Pada tahun 2000, namanya pernah masuk daftar AFC All Stars.

Firman Utina

Awal mula karier Firman Utina berawal saat bersama grup Persma Manado, setelah itu bergabung dengan persita Tangerang.

Firman bersama Timnas sudah tampil hingga 67 pertandingan.

Pemain bola terbaik Indonesia berdarah Manado satu ini berhasil membawa Timnas menjadi runner up AFF Cup yang berlangsung pada 2004 serta 2010.

Pada pertandingan pertama Piala Asia 2007, Firman bermain cukup apik.

Salah satu aksi yang paling memorable di ingatan masyarakat ketika membahas Firman Utina adalah solo run di ajang Copa Indonesia 2005 silam.

Pada kala tersebut ia berhasil mendapatkan gol.

Bambang Pamungkas

Siapa yang tidak kenal dengan Bambang Pamungkas, seorang top scorer Indonesia sepanjang masa. Ia mencetak sebanyak 38 gol untuk Timnas.

Terdapat berbagai catatan baik yang pernah ia buat untuk Timnas, salah satunya mencapai posisi runner up sejumlah 4 kali dalam ajang Tiger Cup yang sekarang ini populer dengan nama AFF Cup, di antaranya pada 2000, 2002, 2004 serta 2010.

Pada Tiger Cup yang berlangsung 2002, ia berhasil mendapatkan gelar pencetak gol paling banyak dengan total 9 jaringan. Sebanyak 77 pertandingan sudah pemain bola terbaik Indonesia satu ini selesaikan.

Bahkan karena begitu berpengaruhnya ia bagi Timnas, membuatnya kerap ditunjuk sebagai kapten untuk berbagai ajang kejuaraan.

Namanya begitu kuat saat bergabung dengan Persija Jakarta. Hal ini terbukti dengan jumlah golnya yang mencapai hingga 200 sekaligus dua gelar pertandingan untuk tim Macan Kemayoran tahun 2001 dan 2018.

Kemudian ia juga pernah memperkuat klub Pelita Bandung Raya dengan penampilan terbaiknya.

Boaz Solossa

Boaz Solossa atau Bochi merupakan pemain terbaik yang berasal dari Papua. Ia telah berhasil masuk menjadi bagian dari penyerang inti Timnas saat usianya masih 18 tahun. Bochi bersama Timnas berhasil mencetak sebanyak 14 gol.

Pemain bola terbaik Indonesia satu ini, ketika bergabung bersama Persipura berhasil membawakan empat gelar juara Liga Indonesia pada 2005, 2009, 2011 serta 2013, selain itu juga gelar Indonesia Soccer Championship A 2016.

Pada tahun 2009, 2011 serta 2013 ia berhasil memperoleh gelar top scorer dan juga player of the year. Jumlah pertandingan yang pernah Boaz mainkan bersama Timnas yaitu sebanyak 48.

Andi Ramang

Bersama klub PSM Makassar, Andi Ramang berhasil mencetak gol sebanyak 239 dengan total pertandingan 300.

Pada tahun 1952 silam, ia mulai bergabung dengan Timnas menggantikan Sunardi Arland.

Pada pertandingan East Cup, Indonesia berhasil memperoleh sebanyak 25 gol, dan perolehan 19 gol dari total keseluruhan tersebut merupakan sumbangan dari pemain bola terbaik Indonesia satu ini.

Prestasi paling terbaik dari Ramang yang tidak akan terlupakan begitu saja yaitu ketika berhasil menyumbangkan gol pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia tahun 1958. Pada saat tersebut, lawannya adalah Tiongkok.

Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan Dwi Yulianto merupakan pria kelahiran Magelang yang memulai karier sepak bolanya dari Diklat Salatiga di Jawa Tengah. Kemudian pada tahun 1993 ia berangkat menuju Italia mengikuti program Primavera PSSI.

Pada musim 1994, Sampdoria klub Italia merekrut nya, lalu pindah ke FC Luzern. Dari situ kariernya mulai meningkat menjadi salah satu pemain bola terbaik.

Setelah itu, Kurniawan pulang ke Indonesia dan sempat berpindah beberapa kali pindah klub.

Bersama Timnas selama 10 tahun, pemain bola terbaik Indonesia ini berhasil menyumbangkan gol sebanyak 33. Sedangkan jumlah pertandingan yang pernah ia ikuti bersama Timnas sebanyak 59. Kariernya berakhir di Persipon.

Ricky Yakobi

Pria asal Medan, Ricky Yakobi memulai karier sepak bola ketika menjadi striker PSMS Medan pada 1979 saat usianya masih 16 tahun.

Selama 6 tahun bermain bersama PSMS, ia berhasil memberikan dua gelar Perserikatan yaitu tahun 1983 dan 1985.

Ia bermain bersama Timnas dari tahun 1985 hingga 1991. Selama bergabung dengan Timnas, Ricky berhasil meraih satu gelar medali emas di SEA Games di Jakarta pada tahun 1987.

Pada tahun 1988, Matsushita, klub asal Jepang, merekrutnya. Ricky hanya menjalani musim pendek saja saat itu karena faktor cuaca.

Ia hanya bermain sebanyak enam kali saja selama kariernya di sana dengan perolehan satu gol.

Robby Darwis

Daftar pemain bola terbaik Indonesia lainnya ada Robby Darwis, merupakan salah satu defender paling baik di Timnas.

Pada awalnya, Robby bergabung dengan tim Maung Bandung, tepatnya usia 19 tahun.Kemudian ia mendapatkan panggilan untuk bergabung dengan Timnas menuju pertandingan SEA Games tahun 1987.

Pada pertandingan SEA Games 1991 di Manila, Robby bersama Feryl Raymond Hattu berhasil membawa pulang medali emas.

Soetjipto Soentoro

Soetjipto Soentoro atau yang mempunyai sebutan Gareng ini memulai karier pada 1954 di IPPI Kemayoran dengan usia masih 13 tahun.

Satu tahun kemudian, ia pindah ke Setia Jakarta dan kemampuannya mulai meningkat.

Bersama Timnas U-19, Gareng ikut sebanyak 9 pertandingan dan berhasil mencetak hingga 14 gol. Sedangkan selama bersama Timnas, secara keseluruhan Gareng ikut dalam 61 pertandingan dengan jumlah gol sebanyak 32.

Sebenarnya masih banyak lagi pemain bola Indonesia yang masuk kategori terbaik seperti Ronny Pattinasarany. Siapapun itu pemain bola terbaik Indonesia, semuanya membanggakan, patut diapresiasi dan bisa menjadi inspirasi anak muda sekarang.

View publisher imprint