5 Pelajaran dari Kekalahan Liverpool di Derby Merseyside: Peluang Juara Makin Kecil | OneFootball

5 Pelajaran dari Kekalahan Liverpool di Derby Merseyside: Peluang Juara Makin Kecil | OneFootball

Icon: Bola.net

Bola.net

·25 April 2024

5 Pelajaran dari Kekalahan Liverpool di Derby Merseyside: Peluang Juara Makin Kecil

Article image:5 Pelajaran dari Kekalahan Liverpool di Derby Merseyside: Peluang Juara Makin Kecil

Bola.net - Liverpool menelan kekalahan dalam derby Merseyside. Menghadapi Everton, The Reds kalah dua gol tanpa balas di Goodison Park, Kamis (25/4/2024) dini hari WIB.

Liverpool melawat ke markas Everton dalam laga tunda pekan ke-29 Premier League 2023/2024, Kamis (25/4/2024). Duel derby Merseyside ini berpihak pada tuan rumah.


OneFootball Videos


The Reds menelan kekalahan dengan skor 0-2 di Goodison Park. Everton menang lewat gol-gol Jarrad Branthwaite (27') dan Dominic Calvert-Lewin (58').

Kekalahan ini membuat Liverpool berada di peringkat kedua klasemen Premier League dengan koleksi 74 poin. Sementara Everton menghuni posisi 16 dengan 33 poin.

1 dari 6 halaman

1. Peluang Juara Liverpool Makin Kecil

Momen selebrasi gol Dominic Calvert-Lewin di laga Everton vs Liverpool, Premier League 2023/2024 (c) AP Photo/Jon Super

Liverpool harus mengakui keunggulan tuan rumah Everton dua gol tanpa balas. Kekalahan ini menjadi pukulan buat The Reds dalam persaingan gelar juara Premier League.

Jarak Liverpool dengan Arsenal sekarang melebar. Pasukan Jurgen Klopp berjarak tiga poin di belakang Arsenal serta satu poin di depan Manchester City (32 laga).

Bahkan, Liverpool bisa turun ke posisi ketiga jika The Citizens mampu mengalahkan Brighton malam ini. The Reds tidak boleh membuang poin lagi apabila ingin menjadi juara.

2 dari 6 halaman

2. Finishing Buruk

Pemain Liverpool Mohamed Salah dan Darwin Nunez tertunduk lesu usai kalah dari Everton di Premier League 2023/2024, Kamis (25/4/2024) dini hari WIB. (c) AP Photo/Jon Super

Liverpool sebenarnya punya sejumlah peluang emas untuk menciptakan gol di laga ini. Namun, para pemain depan mereka seperti kesulitan untuk menceploskan bola ke gawang.

Dari tujuh tembakan tepat sasaran yang dibuat, tidak ada satupun yang bisa dituntaskan menjadi gol. Penyelesaian menjadi masalah Liverpool pada laga ini.

Darwin Nunez, Luis Diaz hingga Harvey Elliot menghasilkan peluang bersih. Namun, Jordan Pickford juga tampil gemilang untuk mencegah bola masuk ke gawang.

3 dari 6 halaman

3. Pertahanan Bapuk

Andrew Robertson ditekel lawan di laga Everton vs Liverpool, Premier League 2023/2024 (c) AP Photo/Jon Super

Liverpool bisa dibilang sangat brilian dalam menyerang. Namun, pertahanan tim asuhan Jurgen Klopp itu terlihat sangat buruk karena termasuk sering kebobolan.

Setelah kebobolan dua gol melawan Everton, gawang Liverpool kini sudah kemasukan 34 gol di Premier League. Pertahanan mereka menjadi yang terburuk dari Arsenal dan Manchester City.

Pertahanan buruk bisa menghancurkan peluang Liverpool untuk menjadi juara Premier League musim ini. Karena itu, Klopp harus memperbaikinya di sisa musim ini.

4 dari 6 halaman

4. Mohamed Salah Masih Terus Kesulitan

Mohamed Salah dalam laga Everton vs Liverpool di Premier League 2023/2024, Kamis (25/4/2024) dini hari WIB. (c) AP Photo/Jon Super

Mohamed Salah kembali tidak bertaji saat melawan Everton. Bintang asal Mesir itu sepertinya masih belum menemukan performa terbaiknya.

Sejak pergantian tahun, Salah benar-benar tidak bersemangat. Mantan pemain Chelsea dan AS Roma tersebut seperti kehilangan ketajamannya di depan gawang lawan.

Salah hanya mencetak dua gol dalam tujuh pertandingan terakhirnya di Premier League. Jika kondisi ini terus berlanjut, Liverpool bisa kesulitan mengejar Arsenal di puncak klasemen.

5 dari 6 halaman

5. Everton Semakin Menjauh dari Degradasi

Duel antarpemain di laga Everton vs Liverpool, Premier League 2023/2024 (c) AP Photo/Jon Super

Kemenangan atas Liverpool berarti sangat penting buat Everton. Bukan hanya memenangkan derby Merseyside, hasil ini juga membuat Everton kembali menjauh dari zona degradasi.

Dengan raihan tiga poin, Everton sekarang berada pada di posisi 16 klasemen Premier League dengan koleksi 33 poin. Mereka berjarak delapan poin dari zona merah.

Everton saat ini relatif aman dari zona degradasi. Meski begitu, mereka tidak boleh lengah apabila masih ingin bertarung di Premier League pada musim depan.

View publisher imprint