Belum Ada Tim Asia yang Lolos Olimpiade Lewat Jalur Play-off, Timnas Indonesia U-23 Jadi yang Pertama? | OneFootball

Belum Ada Tim Asia yang Lolos Olimpiade Lewat Jalur Play-off, Timnas Indonesia U-23 Jadi yang Pertama? | OneFootball

Icon: Bola.com

Bola.com

·5. Mai 2024

Belum Ada Tim Asia yang Lolos Olimpiade Lewat Jalur Play-off, Timnas Indonesia U-23 Jadi yang Pertama?

Artikelbild:Belum Ada Tim Asia yang Lolos Olimpiade Lewat Jalur Play-off, Timnas Indonesia U-23 Jadi yang Pertama?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 masih berjuang untuk menembus Olimpiade 2024 di Paris. Setelah hanya menempati peringkat keempat di Piala Asia U-23 2024, tim asuhan Shin Tae-yong itu masih punya kesempatan terakhir lewat play-off.

Satu tempat terakhir di sepak bola Olimpiade 2024 akan diperebutkan oleh Timnas Indonesia U-23 dan Guinea U-23 lewat play-off antarkonfederasi yang melibatkan wakil AFC dan CAF. Laga tersebut akan dihelat di Paris pada 9 Mei 2024.


OneFootball Videos


Perjuangan yang bakal tidak mudah, apalagi beberapa pemain naturalisasi Indonesia U-23 kabarnya harus kembali ke klub masing-masing, seperti Justin Hubner, Nathan Tjoe A-On, dan Ivar Jenner.

Ini jadi pekerjaan rumah bagi Shin Tae-yong. Namun, pelatih asal Korea Selatan itu tentu sudah mempersiapkan antisipasi. Ada kemungkinan Shin Tae-yong mendatangkan pemain baru dari Liga 1 atau pemain naturalisasi lain.

Selain mematok target lolos ke Olimpiade 2024, Timnas Indonesia U-23 juga ingin membuat catatan positif dari play-off. Menurut penelusuran Bola.com, babak play-off Olimpiade untuk cabor sepak bola putra dilakukan perdana pada 1992, tetapi tidak setiap edisi.

Sampai saat ini ada lima laga play-off yang sudah digelar sebelum edisi 2024. Australia dua kali memenangi babak play-off. Namun, ketika itu tim Negeri Kangguru itu masih berstatus sebagai anggota Federasi Sepak Bola Oseania (OFC).

Australia lolos ke Olimpiade lewat jalur play-off untuk edisi 1992 dan 1996. Kemudian ada dua wakil Afrika yang bergantian masuk ke Olimpiade lewat fase ini, yaitu Afrika Selatan pada 2000 dan Senegal pada 2012.

Sementara itu, Kolombia dari Amerika Selatan lolos melalui play-off pada Olimpiade 2016. Setelah itu, baru pada edisi 2024 ini babak play-off kembali digelar dengan mempertemukan Timnas Indonesia U-23 melawan Guinea.

Berikut sejarah pertandingan play-off Olimpiade sepanjang masa:

Impressum des Publishers ansehen